Tips Transaksi Perorangan Supaya Berjalan Lancar

Tips Transaksi Perorangan Supaya Berjalan Lancar

Tips Transaksi Perorangan - Kadang kala orang ingin melakukan transaksi jual beli online, tetapi salah satu pihak takut terkena penipuan dari pihak lain.

Sekarang ini, sudah berbagai macam yang dilakukan para penipu online untuk memanipulasi targetnya. Melakukan transaksi perorangan harus didasari dengan saling percaya. Jika tida, transaksi tersebut tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

Saya sendiri sudah sering transaksi perorangan dengan pembeli. Hasilnya sangat memuaskan, karna pembeli menjadi pelanggan saya.
Tips sebelum transaksi perorangan

Tips transaksi ini khusus dalam bidang jual beli online. Untuk tips transaksi perorangan membeli mobil bekas, saya akan bahas dilain waktu.

Supaya jualan berjalan lancar, seorang penjual harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pembelinya. Untuk pembeli, perhatikan tips sebelum transaksi perorangan agar kamu tidak tertipu oleh para penjual murahan,

Tips Sebelum Transaksi Perorangan Untuk Jual Beli Online


Sebagai penjual maupun pembeli, kamu bisa mengetahui hal yang harus diperhatikan sebelum transaksi perorangan.

1. Coba Saling Berkenalan Sebelum Melakukan Transaksi Perorangan.


Terlebih dahulu, ada baiknya antar pembeli dan penjual untuk saling berkenalan secara online. Berkenalan memiliki manfaat untuk menambah silahturahmi antar pembeli dan penjual.

Jangan segan untuk saling berkenal, karna dengan berkenalan akan membuat transaksi perorangan lebih lancar.

Supaya proses berkenalan lancar, ada baiknya penjual terlebih dahulu menyapa sang pembeli. Sang penjual akan mendapatkan banyak keuntungan dari menyapa pembeli terlebih dahulu.

Pembeli akan merasa nyaman dengan sifat penjual yang baik dan ramah.

Dengan begitu, seorang pembeli akan merasa lebih yakin untuk transaksi tanpa perantara.

Proses berkenalannya cukup yang sederhana saja. Tidak perlu menanyakan lebih dalam bagaimana kehidupan pembeli maupun penjual.

2. Saling bertukar profil antara penjual dan pembeli akan membuat transaksi lebih nyaman.


Tips kedua harus dilakukan oleh kedua belah pihak antara penjual dan pembeli. Pembeli harus memastikan profil penjualan jelas dan memakai akun media sosial yang jelas.

Supaya lebih bagus, seorang pembeli memiliki hak untuk meminta data diri penjual. Pembeli bisa meminta kepada penjual untuk foto data diri seperti KTP ataupun SIM.

Tips transaksi perorangan saling bertukar profil berguna untuk menambah kepercayaan antara sesama pihak.

Sebagai pembeli, kamu juga harus memiliki tanggung jawab. Jangan sampai ketika transaksi sedang berlangsung, kamu malah membatalkan transaksi perorangan tersebut.

Tips untuk penjual

Jika anda seorang penjual, kamu juga mempunyai hak dan tanggung jawab. Kamu juga meminta data diri seorang pembeli seperti SIM, ALAMAT, KTP.

Tidak seperti pembeli, kamu seoarang penjual tentunya tidak ingin membatalkan transaksi. Kamu harus bisa meyakinkan pembeli agar transaksi tetap lancar jaya.

Begitulah yang bisa kamu lakukan pada tips kedua ini, pentingkan keterangan profil pembeli maupun penjual.


3. Teliti dalam melakukan pengecekan produk untuk dijual/dibeli.


Hal ini harus ditekankan untuk penjual, sebagai penjual yang baik kamu harus memeriksa keadaan barang terlebih dahulu, Karna transaksi perorangan itu tidak memiliki perantara, maka sebagai penjual pastikan barang masih dalam keadaan baik dan tidak rusak.

Ketika sudah menerima barang, pembeli juga harus memeriksa barang dengan teliti. Pastikan tidak ada yang lecet dari barang penjual. Jika ada sedikit rusak, anda bisa menuntuk penjual untuk mengganti barang ke lebih layak.


Sekian untuk hal yang dilakukan sebelum tips transaksi perorangan. Semoga hal ini bisa membantu kalian dalam membantu transaksi perorangan tanpa rekber.

Baca Juga


Laptop Murah Cocok Untuk Para Blogger dan Penulis

Cara Menghapus Bekas Pencarian Facebook

Aplikasi Tutorial Hijab Dijamin Lebih Cantik
Buka Komentar

Tidak ada komentar