Pengertian Hukum : Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Hukum : Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian hukum menurut para ahli

Apa pengertian hukum secara umum dan bagaimana pendapat para ahli mengenai pengertian hukum. Jika dipikirkan sejanak, hukum itu memiliki pengertian yang sangat luas dan dalam. Karena begitu luas makna dari hukum, sampai saat ini belum ada kesepakatan yang pasti tentang rumusan arti hukum.

Untuk membuat suatu definisi pengertian hukum bukanlah suatu yang mudah. Jika anda memiliki pendapat mengenai suatu arti dari hukum, silahkan berikan pendadapat pada kolom komentar.

Hukum sangat besar pengaruhnya dalam melindungi kita dari penyalahgunaan kekuasaan. Indonesia adalah salah satu negara yang termasuk ke dalam negara hukum. Untuk menjaga dan mengawasi bahwa hukum itu berlaku dengan efektif tanpa adanya pelanggaran-pelanggaran serta dapat menegakkan keadilan, maka dibentuklah lembaga peradilan.

Baca Juga:
Pengertian Negosiasi, Struktur, Unsur-unsur Pembangun dan Karakterisik Negosiasi

Fungsi utama lembaga peradilan adalah menegakkan dan menerapkan segala macam hukum yang berlaku di suatu negara. Sebagai contoh, lembaga peradilan agama akan mengatur seluruh macam hukum yang berlaku di negara kita Indonesia.

Hukum adalah peraturan yang berisi larangan dan perintah yang dibuat oleh pihak berwenang dengan tujuan utamanya untuk mengatur kehidupan manusia agar mencapai keadilan, keseimbangan dalam hidup.

Bagaimana kehidupan suatu negara jika tanpa hukum?

Sudah dapat ditebak, kehidupan dalam suatu negara tersebut akan hancur lebur. Keributan akan terjadi dimana-mana jika suatu negara tidak memiliki hukum yang berlaku. Sebagai contoh, Indonesia tidak memiliki norma hukum yang mengatur lalu lintas. Sudah dipastikan akan terjadi kecelakaan karna tidak ada aturan dalam berkendara dan berlalu lintas.

Jika kembali ke masa sekolah, pelajaran hukum diberikan sewaktu kelas 11 tingkat SMA. Materi hukum akan dipelajari berbarengan dengan peradilan di Indonesia. Kita diberikan materi lengkap mengenai hukum, yakni tujuan huku, contoh hukum, jenis hukum, dan masih banyak lagi.

Pengertian Hukum




1. Pengertian hukum secara umum


Seperti yang dikatakan sebelumnya, sampai saat ini belum ada kesapakatan mengenai ketetapan definisi artik dari hukum. Jika dilihat dari unsur-unsur hukum, maka didapatkan pengertian hukum secara singkat sebagai berikut.

Hukum adalah sebuah larangan dan perintah yang harus dipatuhi oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
Dapat juga didefinisikan pengertian hukum sebagai berikut yang dilihat dari unsur-unsur hukum tadi.

Hukum merupakan kebijakan atau ketentuan tertulis maupun tidak tertulis yang jelas mengatur kehidupan manusia dan dikenakan sangsi bagi yang melanggaranya

Dari pengertian hukum secara umum sudah diketahui kalau melanggar  hukum maka dikenakan sangsi kepada yang melanggarnya.

Kesimpulan arti pengertian hukum secara umum

Hukum itu merupakan aturan, tata tertib, dan kaidah hidup untuk mengatur dan mengontrol kehidupan manusia.

2. Pengertian Hukum menurut KBBI


Kamu besar Bahas Indonesia (KBBI) juga ikut serta dalam menentukan arti dari hukum.

Peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang ditetapkan oleh penguasa atau pemerintah
Jika dikaitkan dengan undang-undang, maka hukum dapat diartikan sebagai berikut.
Hukum adalah undang-undang, peraturan yang mengatur kehidupan masyarakat Indonesia.
Jika melanggar hukum, maka yang mengambil keputusan adalah hakim.

3.  Pengertian hukum Menurut Para Ahli.


Semua yang ahli dalam bidang hukum memberikan suara mereka mengenai pengertian dan definisi hukum. Walaupun begitu banya para ahli yang memberikan pengertian hukum, sampai sekarang belum ada kepahaman dan ketetapan yang jelas mengenai pengertian hukum.

Apa arti hukum menurut para ahli? Seorang ahli filsuf dan matematikawan yunani, yakni Plato menyatakan hukum sebagai berikut:

Hukum adalah seluruh peraturan yang disusun dengan baik dan teratur yang mempunyai sifat mengikat hakim dan masyarakat.

Menurut Van Apeldoorn
Dalam bukunya yang berjudul " Inleiding tot de Studie van het Nederlandse Recht "  Van Apeldoorn memberikan sebuah definisi arti dari hukum. Kira-kira begini yang dijelaskan mengenai definisi hukum yang disebutkan oleh Van Apeldoorn,

Hukum adalah segala peraturan penghubung antar hidup manusia. Tidak ada masyrakat yang tidak mengenal hukum, sehingga hukum menjadi suatu aspek kebudayaan yakni agaman, adat, kesusilaan, dan kebiasaan.

Hukum menurut Aristoteles

Aristoles bependapat mengenai hukum sebagai berikut:

Particular law is that which each community lays down and applies to its own member. Universal law is the law of nature.

Jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia, memiliki arti sebagai berikut:

Hukum khusus adalah hukum yang ditetapkan oleh setiap komunitas (negara) dan berlaku untuk anggota (rakyat) nya sendiri. Hukum universal tentunya adalah hukum alam.

Keseluruhan diatas merupakan pengertian hukum dilihat secara umum, hukum menurut para ahli, dan menurut Kamu Besar Bahasa Indonesia. Selanjutnya akan dibahas mengenai penjelasan unsur dan tujuan hukum.

Unsur hukum


Hukum dibuat berdasarkan unsur dan hukum juga memiliki tujuan utama. Umumnya terdapat 4 unsur-unsur hukum.

  • Peraturan yang mengatur tingkah laku dalam kehidupan pergaulan masyrakat.
  • Peraturan itu bersifat memaksa.
  • Sanksi tegas terhadap pelanggaran peraturan.
  • Peraturan dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib disuatu negara.
Jika dipandang dari unsur-unsur hukum secara umum diatas, maka dapat diartikan hukum memiliki aturan-aturan yang ditujukan untuk masyrakat. Dan siapapun yang melanggar peraturan tersebut akan dikenakan sanksi yang tegas. Jadi, seorang presiden juga bisa terkena sanksi jika dia melanggar aturan-aturan yang telah ada.


Demikianlah pembahasan mengenai apa itu pengertian hukum menurut para ahli. Intinya, hukum itu bertujuan untuk mengatur kehidupan manusia agar berjalan dengan aman, tertib, damai, indah, tanpa terpecah belah.
Buka Komentar

Tidak ada komentar