Biar Tak 'Nyesal', Gunakan 9 Tips Belanja Online di Marketplace

Tips belanja online - Sekarang ini berbelanja secara online sudah merata peminatnya. Mulai dari anak muda, orang tua, kakek dan nenek juga sudah mulai berbelanja online di marketplace. Aman, mudah, dan banyak pilihan produk menjadikan alasan utama mengapa mereka lebih suka berbelanja online.

Namun, tak jarang ada saja yang terkena penipuan ketika sedang berbelanja secara online. Walaupun sudah beli di marketplace besar, penipuan itu bisa saja terjadi. Pada tahun 2018 ini ada saja penipuan di tokopedia, bukalapak, yang membuat para calon pembeli menjadi risau ketika berbelanja online.

Oleh sebab itu, kamu perlu membaca tips belanja online agar tidak tertipu di marketplace, yaitu Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak.
tips belanja online

Tips Belanja Online yang aman di Internet


1. Cek terlebih dahulu ulasan toko online

Situs jual-beli online yang sudah besar memiliki fitur ulasan pembeli terhadap toko online. Sebagai bahan pertimbangan sebelum belanja online di toko online tersebut, kamu harus pintar melihat ulasan-ulasan pembeli sebelumnya.

Toko online yang baik di marketplace biasanya mendapatkan ulasan yang bagus dari para pembeli mereka. Bintang 5 menjadi patokan buat kita calon pembeli sebelum memutuskan membeli barang secara online di toko tersebut.

Kalau kamu membeli barang seperti smartphone atau laptop, usahakan beli langsung di official shop di marketplace tersebut.

2. Harga menentukan kualitas

Persaingan jualan online yang begitu ketat menciptakan banyak ide dari penjual untuk melakukan berbagai cara agar barang cepat laku. Tawaran iming-iming harga murah membuat para calon pembeli langsung terikat untuk membeli. Namun, jangan nyesal kalau barang yang kamu terima nanti tidak sesuai ekspetasi,

Nyatanya hukum ada harga ada kualitas selalu berlaku untuk saat ini. Supaya tidak kecewa dalam mengeluarkan duit banyak tetapi barang tidak sesuai keinginan, kamu boleh beli di toko online yang telah banyak direkomendasikan barang originalnya.

Marketplace yang menjual barang-barang original di Indonesia adalah JD.ID. Kamu bisa membeli barang yang original dengan harga yang mumpuni disana.

3. Jangan malas membaca deskripsi produk

Penyakit orang Indonesia itu umumnya malas membaca. Sudah banyak terjadi penipuan di marketplace terkenal dengan teknik manipulasi di deskripsi barang. Oleh karena itu, luangkan waktu kamu sedikit saja untuk membaca deskripsi produk.

Perhatikan kondisi produk, berat produk, spesifikasi produk melalui deskripsi sudah tertera semuanya. Tidak hanya itu, syarat dan ketentuan biasanya disertakan dalam deskripsi produk tersebut.

Penyesalan datang terlambat begitulah kata pribahasa.

4. Pilih metode pembayaran yang paling aman

Teknologi terus makin canggih. Metode pembayaran sangat banyak macamnya yang bisa kamu pilih saat ini. Tetapi banyak juga celah yang membuat banyak pengguna kartu kredit risau terkena bobol. Oleh karena itu, pilihlah metode pembayaran yang simpel tanpa menautkan perbankan.

Contoh metode pembayaran yang paling saya minati adalah Indomaret, Gopay, ataupun belanja online bayar ditempat.

Belanja online bayar di rumah akan makin asyik sensasinya. Karena kamu memastikan produk dalam keadaan utuh dan tidak memiliki lecet.

Baca: 7 Situs Toko Online Bayar ditempat

5. Tanyakan lebih dalam tentang produk ke penjual

Marketplace sekelas tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, sekarang sudah menyediakan fitur chat antar calon pembeli dengan penjual. Disitu kamu bisa manfaat-in tanya-tanya lebih dalam tentang produk kepada penjual.

Pembeli yang pintar harus teliti dalam memilah produk. Oleh sebab itu, jalin obrolan dengan penjual melalui fitur layanan chat yang sudah disediakan. Penjual yang pintar biasanya memberikan jawaban yang terperinci kepada pembeli mereka.

Jangan lengah dalam berbelanja online!

6. Pilih kurir pengiriman yang support ke lokasi kamu


Belanja online sudah terjangkau untuk seluruh Indonesia. Itu semua karena perusahaan jasa pengiriman barang sudah melumut saat ini. Yang paling populer biasanya adalah JNE, POS Indonesia, J&T.

Saya rekomendasikan untuk memakai JNE dan POS Indonesia. Karena jangkauan pengiriman mereka lumayan luas dan pengalaman yang baik selalu saya dapatkan ketika memakai kedua kurir pengiriman tersebut.

7. Harus pintar membandingkan barang

Kelebihan berbelanja online yang paling saya sukai adalah banyaknya pilihan barang yang serupa. Setiap barang yang ditawarkan toko online tentunya memiliki perbedaan masing-masing. Oleh karena itu, sebagai pembeli yang smart kamu harus pandai membandingkan barang yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dari situ banyak keuntungan buat para pembeli, karena bisa saja mendapatkan harga yang lebih murah dari toko online yang satu. Pintar jadi untung!

8. Catatan toko online juga harus diperhatikan

Kamu sudah membandingkan barang, cek deskripsi, menentukan kurir pengiriman. Sekarang saatnya kamu cek tuh catatan toko online tersebut. Biasanya setiap toko online di marketplace memberikan catatan yang harus dibaca calon pembeli sebelum berbelanja di toko mereka.


Catatan toko online sama penting seperti membaca deksripsi produk yang akan dibeli. Oleh karena itu, perlu diperhatikan tuh catatan dari toko online itu.

9. Kamu punya tips lainnya? Berikan tips belanja online kamu di kolom komentar


Artikel ini terasa tidak lengkap tanpa tips - tips dari kamu yang telah pernah berbelanja online secara rutin. Jangan ragu untuk memberikan tips yang kamu punya di kolom komentar ya. Agar semua teman-teman yang lain juga jadi makin tambah wawasannya sebelum berbelanja online.

Penutup

Demikianlah saya akhiri artikel 9 tips belanja online di marketplace. Selamat berbelanja online dan jangan lupa terus update agar dapat promo-promo menarik dari marketplace besar seperti tokopedia, lazada, shopee, dan masih banyak lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel